Percetakan Undangan Pernikahan, Kalender, Buku Yasin, Nota, Kartu Nama, Stiker, Sertifikat
  • Anda telah memilih partner bisnis yang tepat
  • MUG, Gantungan Kunci, PIN dan lain-lain
  • Kalender Tahunan, Dwi Wulan, Triwulan, Caturwulan, Poster dll.
  • Undangan Pernikahan Printing, Undangan Blangko, Souvenir dan lain-lain

Cetak Offset dan Digital Printing

Cetak Offset dan Digital Printing

Cetak Offset dan Digital Print mana yang lebih baik?

Belakangan ini cetak dengan Digital Print sudah sangat menjamur, ini menjadikan persaingan dengan cetak offset semakin ketat. Pertimbangan bagi para pengusaha cetak baik dari segi keuntungan maupun efisiensi dalam operasional menentukan pemilihan dari kedua proses yaitu Cetak Offset atau Digital Printing.

cetak offset dan digital printing

Cetak Offset

Merupakan cara mencetak dalam jumlah partai besar yang diperuntukkan untuk keperluan komersial. Dalam sistem cetak offset memiliki ciri khas yaitu menggunakan Film dan plat cetak (almunium plate) yang nantinya digunakan sebagai media transfer dokumen pra cetak ke permukaan media cetak seperti kertas, plastik, dan dokumen yang lain.
Biaya cetak offset lumayan mahal jika jumlahnya sedikit. Hal ini dikarenakan cetak offset memerlukan pelat dan film. Setiap pelat mewakili satu bidang dokumen warna dan jenis. Jika dokumen dalam jumlah banyak sudah barang tentu membutuhkan film atau pelat yang banyak dengan otomatis biaya yang dikeluarkan lebih mahal. Selain hal tersebut ongkos cetak ditentukan oleh jenis kertas, ukuran dan penggunaan mesin cetak yang digunakan.
Ada beberapa kelebihan dalam cetak offset:
  1. Kualitas cetak dan warna lebih tahan lama bila dibandingkan dengan menggunakan print digital.
  2. Harga berbanding terbalik dengan oplah cetak, semakin banyak oplah cetak, semakin ringan biaya  cetak yang dikenakan.
  3. Lebih fleksibel di berbagai media kertas. Bisa mencetak pada media bermotif seperti Samson, embossed /engrave, kertas recycle. S
  4. Mampu mencetak pada bidang kertas yang relatif tipis seperti yang sering digunakan untuk Buku Nota NCR, HVS & Dorslag
  5. Dalam pencetakan undangan, souvenir, dan lainnya yang menggunakan tinta emas, cetak offset lebih mumpuni. Dalam warna gradasi abu-abu (grayscale) lebih akurat.
  6. Mampu mencetak dengan tinta Full Block dengan hasil yang tajam dan merata. Pencetakan tinta dengan cara block ini sering dipergunakan untuk pembuatan design type negatif.

Digital Printing

Tipe cetak dengan digital printing ini berbeda dengan cara offset, dimana dalam cetak digital print tidak memerlukan plate maupun film. Dari file yang ada sudah bisa langsung dicetak ke media cetak. Cetak digital printing bisa melakukan proses cetak dalam volume kecil dengan biaya yang lebih murah pula.
Beberapa keunggulan dari cara cetak digital adalah :
  1. Hasil design yang kita buat bisa langsung dicetak dengan digital printing. Kita harus menyimpan design kita dalam format warna CMYK agar sinkron dengan mesin digital printing.
  2. Proses cetak tidak memerlukan waktu yang lama, lebih singkat bila dibandingkan dengan offset.
  3. Dalam jumlah cetak yang sedikit biaya lebih murah, tapi apabila jumlahnya banyak harga tidak banyak berubah.
  4. Lebih ramah lingkungan.
Baik cetak offset maupun digital printing sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Untuk pilihan ada di tangan anda.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by simpelgrafika, Published at 18:50 and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment